Produk Indonesia Berjaya di Ajang Food West Africa 2017

By Admin

nusakini.com--Pameran terbesar bidang makanan dan minuman (food and beverage/F&B) di Afrika Barat, Food West Africa (FWA) 2017, diikuti oleh 4 (empat) perusahaan Indonesia yakni PT Pronas, PT Kokola, PT Air Mancur, dan PT Kareem International.

Melalui fasilitasi oleh KBRI Abuja dan ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) Lagos, keempat perusahaan Indonesia tersebut berhasil menarik minat para pengunjung pameran FWA yang berlangsung di Lagos pekan lalu.

"We like the products from Indonesia because they are tasty and creative" komentar Farida salah satu pengunjung FWA 2017. Sebagai informasi, FWA 2017 diikuti oleh 150 exhibitors domestik dan internasional, serta dikunjungi oleh sekitar 7.500 pengunjung yang sebagian besar merupakan undangan dari kalangan importir. 

Meski event FWA telah berakhir sejak jum'at lalu, namun para perwakilan keempat perusahaan tetap berada di Nigeria untuk melakukan sejumlah negosiasi dengan importir bidang F&B. Adapun produk Indonesia yang diminati dalam pameran tersebut antara lain produk herbal, daging olahan kemasan, biskuit, madu, dan minuman instan.  

Tercatat, per tanggal 23 Mei, jumlah pemesanan dan potential contract terhadap keempat perusahaan tersebut berjumlah sekitar Rp 37,7 milyar. "Angka tersebut masih belum final dan masih dapat terus bertambah. Hal ini mengingat para pengusaha tersebut akan tetap berada di Nigeria hingga akhir bulan ini" demikian dijelaskan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Abuja, Dwiyatna Widinugraha.  

Selama para pengusaha berada di Nigeria, KBRI Abuja dan ITPC Lagos memberikan sejumlah fasilitasi diantaranya rekomendasi visa, mengatur tempat pertemuan (meeting) dengan counterparts, dan memfasilitasi komunikasi dengan importir di beberapa negara bagian di Nigeria seperti Kano, Abuja, dan Lagos. 

Sebagai negara dengan populasi sekitar 191 juta jiwa (terbesar di Afrika), Nigeria merupakan pasar potensial bagi produk F&B. Hal ini juga didorong dengan tingkat ketergantungan Nigeria yang tinggi dari impor produk F&B. Pada tahun 2016, impor produk F&B Nigeria tercatat senilai US$ 2,5 milyar.  

Dengan kelancaran dan kesuksesan partisipasi Indonesia pada FWA 2017, KBRI Abuja dan ITPC Lagos mengajak para pengusaha Indonesia bidang F&B untuk ikut berpartisipasi dalam FWA 2018 yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ketiga Mei 2018. (p/ab)

​